Cara Menghitung Expected Return Saham dengan Santai dan Unik

Posted on

Hai, salam para pembaca Haruun! Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara menghitung expected return saham secara santai dan unik. Expected return saham adalah perkiraan keuntungan yang diharapkan investor dari investasi saham yang dilakukan. Tentunya, semakin besar expected return, semakin besar pula keuntungan yang diharapkan. Oleh karena itu, penting bagi investor untuk menghitung expected return saham dengan benar. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

Apa itu Saham?

Sebelum kita membahas tentang expected return saham, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu saham. Saham adalah surat berharga yang menunjukkan bahwa kita memiliki bagian kepemilikan suatu perusahaan. Ketika kita membeli saham suatu perusahaan, artinya kita telah menjadi pemilik sebagian kecil dari perusahaan tersebut. Sebagai pemilik, kita berhak atas keuntungan yang dihasilkan oleh perusahaan, seperti dividen dan capital gain.

Bagaimana Cara Menghitung Expected Return Saham?

Expected return saham dapat dihitung dengan menggunakan rumus berikut:

Expected Return = (Dividen + Capital Gain) / Harga Beli Saham

Dimana:

  • Dividen adalah pembagian keuntungan perusahaan kepada pemegang saham
  • Capital Gain adalah kenaikan harga saham dari waktu ke waktu
  • Harga Beli Saham adalah harga saham saat dibeli oleh investor

Contoh Perhitungan Expected Return Saham

Sebagai contoh, misalkan seorang investor membeli 100 lembar saham perusahaan ABC dengan harga beli Rp 1.000,- per lembar. Selama setahun, perusahaan ABC memberikan dividen sebesar Rp 50,- per lembar dan harga saham perusahaan tersebut naik menjadi Rp 1.200,- per lembar.

Dengan menggunakan rumus expected return saham yang telah dijelaskan sebelumnya, maka:

Expected Return = (Dividen + Capital Gain) / Harga Beli Saham

Expected Return = (100 x Rp 50,- + (Rp 1.200,- – Rp 1.000,-) x 100) / (Rp 1.000,- x 100)

Expected Return = (Rp 5.000,- + Rp 20.000,-) / Rp 100.000,-

Expected Return = 0,25 atau 25%

Artinya, investor tersebut mengharapkan keuntungan sebesar 25% dari investasi saham yang dilakukannya.

Bagaimana Cara Menaikkan Expected Return Saham?

Setelah mengetahui cara menghitung expected return saham, tentunya kita juga ingin tahu bagaimana cara menaikkan expected return tersebut. Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan:

  1. Menginvestasikan saham pada perusahaan yang memiliki kinerja baik
  2. Melakukan diversifikasi investasi saham pada beberapa perusahaan
  3. Mengikuti berita dan perkembangan pasar saham secara teratur
  4. Menghindari melakukan spekulasi atau investasi saham yang terlalu berisiko

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa yang dimaksud dengan dividen?

Dividen adalah pembagian keuntungan perusahaan kepada pemegang saham. Dividen dapat diberikan dalam bentuk uang atau saham.

2. Apa yang dimaksud dengan capital gain?

Capital gain adalah kenaikan harga saham dari waktu ke waktu. Ketika harga saham naik, artinya investor dapat memperoleh keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual saham.

3. Apa yang mempengaruhi harga saham?

Harga saham dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kinerja perusahaan, kondisi pasar, kebijakan pemerintah, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Demikianlah artikel mengenai cara menghitung expected return saham dengan santai dan unik. Expected return saham adalah perkiraan keuntungan yang diharapkan investor dari investasi saham yang dilakukan. Untuk menghitung expected return saham, kita dapat menggunakan rumus expected return yang telah dijelaskan sebelumnya. Selain itu, terdapat juga beberapa tips untuk menaikkan expected return saham. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita dalam berinvestasi saham. Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari Haruun.my.id dan sampai jumpa kembali di artikel atau info menarik lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *