Cara Beli Saham di IPOT untuk Pemula

Hai, Salam Para Pembaca Haruun! Investasi saham menjadi salah satu cara untuk mengembangkan uang dan memperoleh keuntungan. Namun, bagi pemula, proses pembelian saham bisa jadi membingungkan. Pada artikel kali ini, kami akan membahas cara beli saham di IPOT dengan santai dan unik.

Baca Cepat show

1. Apa itu IPOT?

IPOT adalah singkatan dari Indopremier Online Trading. IPOT merupakan platform investasi saham online yang dapat diakses melalui website atau aplikasi. Melalui IPOT, kamu bisa membeli dan menjual saham secara online.

1.1. Bagaimana cara mendaftar di IPOT?

Untuk mendaftar di IPOT, kamu bisa mengunjungi website resmi IPOT dan mengisi formulir pendaftaran. Setelah itu, kamu akan menerima email konfirmasi dan dapat langsung melakukan login ke akun IPOT-mu.

2. Kenali Jenis Saham yang Ingin Kamu Beli

Sebelum membeli saham di IPOT, kamu harus mengetahui jenis saham yang ingin kamu beli. Terdapat dua jenis saham, yaitu saham biasa dan saham preferen.

2.1. Apa perbedaan antara saham biasa dan saham preferen?

Saham biasa memberikan hak suara dalam rapat umum pemegang saham dan memperoleh dividen yang tidak tetap. Sedangkan saham preferen memberikan hak atas pembayaran dividen tetap dan memiliki prioritas dalam pembagian keuntungan perusahaan jika terjadi likuidasi.

3. Perhatikan Harga Saham

Sebelum membeli saham, kamu harus memperhatikan harga saham. Harga saham dapat berubah-ubah setiap saat dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti kondisi pasar dan kinerja perusahaan.

3.1. Bagaimana cara melihat harga saham?

Kamu dapat melihat harga saham di IPOT dengan memilih menu ‘Watchlist’. Setelah itu, kamu dapat memilih saham yang ingin dilihat dan melihat harga saham pada kolom ‘Last Price’.

4. Tentukan Jumlah Saham yang Ingin Dibeli

Setelah mengetahui harga saham, kamu harus menentukan jumlah saham yang ingin dibeli. Jumlah saham yang dapat dibeli tergantung pada jumlah uang yang kamu miliki.

4.1. Bagaimana cara menentukan jumlah saham yang ingin dibeli?

Kamu dapat menentukan jumlah saham yang ingin dibeli di IPOT dengan memasukkan jumlah saham pada kolom ‘Quantity’ pada menu ‘Buy’.

5. Tentukan Harga Beli

Setelah menentukan jumlah saham yang ingin dibeli, kamu harus menentukan harga beli. Harga beli dapat ditentukan secara limit atau market.

5.1. Apa perbedaan antara harga beli limit dan market?

Harga beli limit adalah harga maksimum yang kamu siap bayar untuk membeli saham. Sedangkan harga beli market adalah harga saham saat ini.

6. Lakukan Pembayaran

Setelah menentukan harga beli, kamu harus melakukan pembayaran untuk membeli saham. Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer bank atau e-wallet.

6.1. Apa saja metode pembayaran yang dapat digunakan di IPOT?

Metode Pembayaran Biaya
Transfer Bank Gratis
E-wallet Tergantung pada provider e-wallet

7. Tunggu Konfirmasi Pembelian

Setelah melakukan pembayaran, kamu harus menunggu konfirmasi pembelian dari IPOT. Konfirmasi pembelian akan dikirimkan melalui email.

7.1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk konfirmasi pembelian?

Waktu yang dibutuhkan untuk konfirmasi pembelian tergantung pada jenis saham dan proses verifikasi pembayaran. Namun, biasanya konfirmasi pembelian dapat diterima dalam waktu maksimal 1 x 24 jam.

8. Simpan Saham di Portfolio

Setelah melakukan pembelian, kamu harus menyimpan saham di portfolio. Dalam portfolio, kamu dapat melihat jumlah saham yang kamu miliki dan harga beli saham.

8.1. Bagaimana cara menyimpan saham di portfolio?

Kamu dapat menyimpan saham di portfolio dengan memilih menu ‘Portfolio’ dan memilih saham yang ingin disimpan. Setelah itu, kamu dapat memasukkan harga beli dan jumlah saham pada kolom yang tersedia.

9. Jual Saham

Jika kamu ingin menjual saham, kamu dapat melakukannya melalui IPOT. Kamu harus menentukan harga jual dan jumlah saham yang ingin dijual.

9.1. Bagaimana cara menjual saham di IPOT?

Kamu dapat menjual saham di IPOT dengan memilih menu ‘Sell’ dan memasukkan jumlah saham dan harga jual pada kolom yang tersedia.

10. Pantau Harga Saham Secara Berkala

Setelah membeli saham, kamu harus memantau harga saham secara berkala. Hal ini membantu kamu untuk mengetahui kondisi pasar dan kinerja perusahaan.

10.1. Bagaimana cara memantau harga saham di IPOT?

Kamu dapat memantau harga saham di IPOT dengan memilih menu ‘Watchlist’ dan memilih saham yang ingin dipantau.

11. Jangan Panik Saat Harga Saham Turun

Harga saham dapat berubah-ubah setiap saat. Jangan panik saat harga saham turun, karena hal ini merupakan risiko dalam investasi saham.

11.1. Apa yang harus dilakukan saat harga saham turun?

Saat harga saham turun, kamu dapat menunggu sampai harga saham kembali naik atau menjual saham dengan harga yang lebih rendah dari harga beli.

12. Perhatikan Biaya Transaksi

Saat membeli atau menjual saham di IPOT, kamu harus memperhatikan biaya transaksi. Biaya transaksi terdiri dari biaya komisi dan biaya lainnya.

12.1. Berapa besar biaya transaksi di IPOT?

Jenis Transaksi Biaya Komisi Biaya Lainnya
Beli 0,19% dari nilai transaksi Biaya kliring dan biaya lainnya
Jual 0,29% dari nilai transaksi Biaya kliring dan biaya lainnya

13. Gunakan Fitur Stop Loss

Fitur stop loss dapat membantu kamu untuk meminimalkan kerugian dalam investasi saham. Fitur ini akan menutup posisi jika harga saham turun di bawah harga yang telah ditentukan.

13.1. Bagaimana cara menggunakan fitur stop loss di IPOT?

Kamu dapat menggunakan fitur stop loss di IPOT dengan memilih menu ‘Order’ dan memilih ‘Stop Loss’. Setelah itu, kamu dapat memasukkan harga stop loss dan jumlah saham yang ingin dijual.

14. Pelajari Analisis Fundamental dan Teknikal

Untuk mengambil keputusan dalam investasi saham, kamu harus mempelajari analisis fundamental dan teknikal. Analisis fundamental akan membantu kamu untuk mengetahui kondisi perusahaan, sedangkan analisis teknikal akan membantu kamu untuk mengetahui tren harga saham.

14.1. Apa yang dimaksud dengan analisis fundamental?

Analisis fundamental adalah analisis yang dilakukan untuk mengetahui kondisi perusahaan, seperti keuangan, manajemen, dan produk yang dihasilkan.

14.2. Apa yang dimaksud dengan analisis teknikal?

Analisis teknikal adalah analisis yang dilakukan untuk mengetahui tren harga saham dengan menggunakan grafik dan indikator teknikal.

15. Jangan Terlalu Banyak Berinvestasi di Satu Saham

Jangan terlalu banyak berinvestasi di satu saham. Hal ini dapat meningkatkan risiko kerugian jika harga saham turun.

15.1. Berapa persen jumlah investasi yang disarankan untuk satu saham?

Jumlah investasi yang disarankan untuk satu saham adalah maksimal 10% dari total dana investasi.

16. Perhatikan Waktu Pembelian dan Penjualan

Perhatikan waktu pembelian dan penjualan saham. Ada beberapa waktu yang disarankan untuk membeli dan menjual saham.

16.1. Kapan waktu yang disarankan untuk membeli saham?

Waktu yang disarankan untuk membeli saham adalah saat harga saham sedang turun atau saat kondisi pasar sedang tidak stabil.

16.2. Kapan waktu yang disarankan untuk menjual saham?

Waktu yang disarankan untuk menjual saham adalah saat harga saham sudah mencapai target keuntungan atau saat kondisi pasar sedang tidak stabil.

17. Perhatikan Berita Terbaru

Perhatikan berita terbaru mengenai perusahaan atau kondisi pasar. Hal ini dapat membantu kamu untuk mengambil keputusan dalam investasi saham.

17.1. Dari mana kamu dapat memperoleh berita terbaru mengenai perusahaan atau kondisi pasar?

Kamu dapat memperoleh berita terbaru mengenai perusahaan atau kondisi pasar dari media massa, seperti koran, televisi, atau website investasi saham.

18. Jangan Terlalu Emosional

Jangan terlalu emosional dalam mengambil keputusan dalam investasi saham. Hal ini dapat mempengaruhi kinerja investasi saham.

18.1. Apa yang harus dilakukan jika terlalu emosional dalam investasi saham?

Jika terlalu emosional dalam investasi saham, kamu dapat meminta saran dari ahli investasi atau melakukan analisis yang lebih mendalam mengenai kondisi perusahaan atau pasar.

19. Berinvestasi dengan Bijak

Berinvestasi dengan bijak dan jangan terlalu memaksakan diri untuk berinvestasi. Investasi saham memiliki risiko yang tinggi dan membutuhkan ketelitian dalam pengambilan keputusan.

19.1. Apa yang harus dilakukan untuk berinvestasi dengan bijak?

Untuk berinvestasi dengan bijak, kamu harus mempelajari investasi saham dengan mendalam, mengatur keuangan dengan baik, dan memperhatikan berbagai faktor yang dapat mempengaruhi investasi saham.

20. Kesimpulan

Investasi saham merupakan salah satu cara untuk mengembangkan uang dan memperoleh keuntungan. Untuk membeli saham di IPOT, kamu harus mendaftar, mengetahui jenis saham, memperhatikan harga saham, menentukan jumlah saham dan harga beli, melakukan pembayaran, dan menunggu konfirmasi pembelian. Setelah membeli saham, kamu harus memantau harga saham secara berkala dan menjual saham jika sudah mencapai target keuntungan. Jangan terlalu banyak berinvestasi di satu saham dan perhatikan biaya transaksi. Berinvestasi dengan bijak dan jangan terlalu emosional dalam pengambilan keputusan.

Terimakasih telah mengikuti info terbaru dari

Tinggalkan komentar